Senin, 15 Februari 2010

TATA CARA SABLON


Makna Sablon disini akan kita buat lebih terbatas, yaitu suatu proses mencetak dengan menggunakan screen / plangkan dengan proses manual, memakai tinta dan rakel untuk menguaskan atau meratakan tinta sehingga terjadi proses cetak / duplikasi di media yang kita kehendaki, baik itu kain, kertas, plastik dan sejenisnya.
Adapun dasar-dasar sablon meliputi :

1. Cara membuat klise (film)
2. Cara Afdruk
3. Cara menimbulkan gambar hasil afdruk dan finishing (tursir)
4. Cara menyablon
5. Cara menghapus Afdrukan

Dalam pembahasan setiap point akan di sertakan teori dasarnya dengan harapan dapat diambil intinya sehingga apabila ditempat anda tidak tersedia bahan-bahan yang akan disebutkan disini, maka bisa mencari bahan alternatif penggantinya.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa materi-materi pembahasan disini bersifat campuran, ada yang murni dari penulis namun ada juga mengambil dari sumber yang lain yang mempunyai tema bahasan sama.

Kemudian jika anda telah mempelajari tutorial disini dan ingin mempraktekkan, Kami juga menyediakan bahan praktek dalam bentuk paket, sehingga dengan paket bahan latihan tersebut anda akan mendapatkan alat dan bahan yang diperlukan untuk praktek cetak sablon tentunya dengan modal yang relatif kecil.

Selamat mengikuti tutorial cetak sablon disini, apabila anda ada pertanyaan dapat menghubungi kami, Insya Allah jika kami mampu menjawab akan langsung kami jawab, namun jika kami belum mempunyai jawaban atas pertanyaan yang anda ajukan, kami akan berusaha untuk mencari reverensinnya.

Karena dunia sablon manual termasuk juga dunia seni/art maka selain kemaun yang keras dibutuhkan juga kesabaran dan ketelatenan untuk bisa berhasil dengan baik.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Diposkan oleh masykuri di 03:14
Label: Ilmu Sablon

1 komentar: